Kamis, 27 Januari 2011

MATERI TIK KELAS 7 SEMESTER 1 : Sejarah Perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi


Sejarah Perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi
1. Masa Pra Sejarah (.......... s.d. 3000 SM)
         Pada masa pra sejarah, manusia berkomunikasi dengan menggambarkan informasi pada dinding-dinding gua tentang berburu dan binatang buruannya. Manusia mulai mengenal berbagai benda yang ada disekitarnya dan melukiskan benda tersebut pada dinding-dinding gua untuk mewakilinya. Kemampuan bahasa mereka saat itupun hanya terbatas pada dengusan, bahasa isyarat dan gerakan tangan. Perkembangan selanjutnya adalah diciptakan dan digunakannya alat-alat yang menghasilkan bunyi dan isyarat, seperti gendang, terompet yang terbuat dari tanduk binatang, isyarat asap sebagai alat pemberi peringatan terhadap bahaya.

CONTOH GAMBAR ALAT-ALAT BUNYI DAN DINDING GUA :

GENDANG  ,,,,                                                       
 
















TEROMPET ,,,,




















DINDING GUA :

























2.Masa (3000 SM s.d. 1400 M)
         Perkembangan cara berkomunikasi semakin maju pada masa sejarah, mulai dari ditemukannya abjad fonetik, kerta sebagai media menulis, sampai pada cara mencetak buku. Berikut perkembangan informasi yang terjadi selama masa sejarah:


  • ·         3000 SM Bangsa Sumeria menemukan tulisan untuk pertama kalinya. Tulisan tersebut berupa simbol-simbol yang disebut piktograf.                                                                                            CONTOH GAMBAR TULISAN PERTAMA KALI :

  • 2900 SM Bangsa Mesir kuno telah mengembangkan tulisan Hieroglif untuk berkomunikasi.                                                                                                                   CONTOH GAMBAR TULISAN HIEROGLIF :

   



  •   1775 SM Bangsa Yunani memperkenalkan sistem penulisan dari kiri ke kanan dengan menggunakan abjad fonetik yaitu huruf yang dibuat berdasarkan bunyi ucapan.dll.                       CONTOH GAMBAR  penulisan dari kiri ke kanan dengan menggunakan abjad fonetik :

















Tidak ada komentar:

Posting Komentar